Seminar Ilmiah, Ajang Kompetisi Dosen dan Mahasiswa

Pijar/USER. Medan. Seminar Ilmiah merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Dies Natalis Universitas Sumatera Utara (USU) ke-65. Satu rangkaian dengan seminar nasional yang diadakan pada hari sebelumnya seminar ilmiah ini diadakan pada Selasa, 3 Oktober 2017. Kegiatan ini dilaksanakan dibeberapa lokasi di kantor Biro Rektor Universitas Sumatera Utara

Dalam pelaksanaannya, seminar ilmiah ini merupakan salah satu kompetisi untuk memeriahkan Dies Natalis USU ke-65. Dalam kompetisi ini para peserta yang terdiri atas dosen dan mahasiswa mempresentasikan karya ilmiahnya atau hasil temuan dari penelitian yang dilakukan.“Kegiatan ini merupakan sambungan dari seminar nasional yang dilakukan hari Senin kemarin, kalau pesertanya itu ada dosen dan ada juga mahasiswa, tapi mayoritas mahasiswa. Untuk seminar ilmiahnya ini dibagi jadi tiga bagian ada Sosial Humaniora, Sains Teknologi dan Health and Medicine,” ujar Pamela salah satu mahasiswa Hukum yang menjadi panitia kegiatan seminar ilmiah ini.

Kegiatan seminar ilmiah ini diadakan di tiga lokasi di BPA USU. Sosial Humaniora (Soshum) sendiri dilaksanakan di lantai 2 ruang IMT-GT, untuk Sains Teknologi (Saintek) diadakan di lantai 3 ruang Senat Akademik dan untuk program Health and Medicine diadakan di lantai 4 ruang Video Conference gedung BPA Universitas Sumatera Utara. Juri atau reviewer dalam kegiatan seminar ilmiah ini diantaranya adalah Prof. Dr. Erika Revida, Dr. Esther Sorta Nauli Nababan, M.Sc dan beberapa dosen USU lainnya.Hal yang menjadi perhatian dan keunikan dalam kegiatan ini adalah interaksi akademik yang berlangsung antara dosen dan mahasiswa, dimana dosen dan mahasiswa dapat saling memberikan kritik dan saran dari penelitian yang dilakukan. Setiap peserta berusaha semaksimal mungkin meyakinkan para reviewer dalam presentasinya.

“Semua kan disini berjuang untuk bisa jadi pemenang, tidak ada pembeda mau dosen atau mahasiswa yang terpenting adalah bagaimana karya ilmiah atau penelitian yang disampaikan dan dipaparkkan melalui presentasi itu dapat diterima oleh reviewer. Nantinya juga pemenang akan diumumkan di acara puncak Dies Natalis USU. Tapi walaupun begitu semua peserta juga diberikan sertifikat sebagai wujud apresiasi,” tambah Pamela. (Lucky Andriansyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bitnami