USU-Kemenpar RI Tanda Tangani MoU

Medan: Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr Runtung SH MHum menandatangani naskah perjanjian kerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Acara tersebut dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Rakornaspar ke-III tahun 2017 di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara yang berlangsung selama 2 hari yaitu Selasa sampai dengan Rabu (26-27/9).Disamping Kementerian Pariwisata RI, penandatanganan naskah kerjasama dalam bentuk Nota Kesepahaman tersebut juga melibatkan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba dengan ruang lingkup perjanjian menyangkut bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat khususnya di Bidang Kepariwisataan.

Pada hari pertama kegiatan tersebut berlangsung, acara diawali dengan agenda Multimedia Opening Video Mapping & Fashion Show yang dibuka oleh Menteri Pariwisata RI yang juga bertindak sebagai Keynote Speech dengan judul orasi “Wonderful Indonesia Calender of Event 2018”. Selanjutnya dilakukan pemutaran Video UNWTO dan didikuti dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama/MoU, kemudian disusul dengan acara Lounching Program WITE (Wonderful Indonesia Tourism Entrepreunership) dan diakhiri dengan Lounching Vokasi Dosen di Perguruan Tinggi Pariwisata.Sementara itu dalam sesi diskusi Panel 1 diisi dengan Paparan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Mancanegara, kemudian Paparan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Nusantara, Paparan Tim Kurator CoE Kementerian Pariwisata yang dilanjutkan dengan Press Conference bersama Menteri Pariwisata RI beserta jajarannya.
Dalam diskusi lanjutan atau pada Panel 2 disampaikan Paparan Ogilvy dan Paparan CEO Jember Fashion Carnaval, yang diakhiri dengan Diskusi Panel 3 dengan materi Paparan Kepala Daerah Terkait CoE.

Sedangkan pada Panel 4 diisi dengan Paparan Ditjen Kebudayaan, didikuti dengan Paparan Deputi Pemasaran Bekraf, dan Paparan Kesiapan Destinasi, kemudian dilanjutkan dengan Diskusi Panel 5 dengan agenda acara Paparan Hasil Kurasi Awal Draft CoE 2018, Paparan Promosi CoE untuk Pasar Mancanegara, dan Promosi CoE untuk Pasar Nusantara.

Untuk kegiatan hari kedua diawali dengan Opening Ceremony Tari Saman, kemudian diikuti dengan sambutan Menteri Pariwisata RI yang dilanjutkan paparan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI dan disusul dengan sambutan Menteri Koordinator Bidang PMK RI.

Sebagai agenda lanjutan diikuti dengan pemutaran Video UNWTO 7 Awarding Wonderful Indonesia dan dilanjutkan dengan prosesi awarding sesi 1 dengan topik “Indonesia Suistainble Tourism Award (ISTA) 2017 & Green Hotel Award, Performance Pragina Gong, Traditional Contemporary Dance Group”, selanjutnya diisis dengan prosesi Awarding Sesi 2 Pok Darwis, CBT, 7 Homestay, dan diakhiri dengan prosesi Awarding Sesi 3 dan ditutup dengan Sayembara Desain Restaurant Nusantara. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bitnami